Minggu, 18 September 2016

IMPLEMENTASI CRM


Strategi CRM adalah strategi pertumbuhan. Ini adalah pilihan strategi di tingkat korporasi. Karena CRM merupakan strategi besar perusahaan, maka semua strategi di level bawah seperti strategi tingkat divisi, departemen atau strategi fungsional, haruslah konsisten dan mengikuti arah strategi. Observasi saya terhadap banyak perusahaan di Indonesia, ternyata strategi CRM menyimpan banyak paradoks dalam implementasinya. Untuk mengimplementasikan sebuah srategi CRM, diperlukan setidaknya 3 faktor kunci, yaitu :



  • Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai) 
  • Proses yang didesain dengan baik 
  • Teknologi yang memadai
Implementasi CRM setidaknya harus memiliki otomatisisasi pemasaran.
Pemasaran dapat dilakukan secara otomatisasi tanpa perlu bertransaksi langsung antara customer dengan produsen. Atau cara pembayaran yang tidak perlu langsung membawa uang cash.

Pusat pelayanan (Call Center),
Fungsinya antara lain untuk mengetahui kebiasaan konsumen, menerima keluhan dari para pelanggan sehingga data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan produknya serta mengumpulkan customer history. 

Penggudangan Data (Data Warehousing), 
Informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu system terpadu. Hasil analisa harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan sehingga staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus terhadap grup pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu menaikkan volume penjualan. 


0 komentar:

Posting Komentar