Kamis, 15 September 2016

POTENSI, FUNGSI DAN MANFAAT CRM

Pada postingan kali ini saya akan mencoba membahas postensi,fungsi dan manfaat dari CRM itu sendiri seperti apa,

A. Potensi dari CRM 

Potensi dari sebuah CRM sangatlah besar, diantaranya adalah :



  •  Jumlah konsumen bertambah, yaitu mencari konsumen baru disamping tetap memelihara tingkat kepuasan konsumen yang sudah ada
  • Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen, yaitu dengan mengetahui kebutuhan konsumen. 
  • Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang, yaitu melalui hasil tansaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data-data transaksi yang sudah terkumpul. 
  • Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas transaksi, yaitu mengetahui tindak kriminal seperti penipuan dan lain sebagainya. 
  • Mengetahui perbaiakn yang harus dilakukan pada service yang diberikan kepada konsuman.  
  • Mampu menganalisa pola data transaksi, sebagai contoh mampu mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu tertentu. 
  • Mengurangi resiko operasional, yaitu dengan mengetahui prediksi yang akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan melalui customer history.
B. Fungsi dari CRM 

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi :
  •  Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan 
  • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan 
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna 
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan 
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan 
  • Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Oleh karena itu agar sebuah sistem CRM dapat menjalankan fungsinya,maka diperlukan :
  • Perencanaan bisnis yang matang 
  • Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM 
  • Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut strategi yang ditetapkan 
  • Menentukan standar aturan penanganan strategi berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubahan, perbaikan dan pemantapan strategi 
  • Menentukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM

0 komentar:

Posting Komentar