Selasa, 20 Desember 2016

SISTEM INFORMASI FARMASI

Kali ini saya akan mencoba membahas materi Sistem Informasi Farmasi dan hasil Kerja Kelompok kami yang telah melakukan observasi.
Sistem informasi farmasi adalah sebuah sistem yang diorganisir untuk pengumpulan, pengolahan, pelaporan, dan penggunaan informasi untuk pengambilan keputusan. Informasi diperoleh dari pengumpulan dokumenatau catatan farmasi. Sistem informasi farmasi dapat merupakan alat yang berguna untuk pengawasan, menyediakan data untuk memonitoring. Sistem informasi manajemen farmasi yang baik, efektif digunakan untuk pengolahan data, yang meliputi :
  • Pengolahan data dengan meringkas data.
  • Penyajian informasi dalam bentuk grafis, yang memudahkan pemahaman  
  • Pemahaman informasi untuk mengidentifikasi kecendrungan dan masalah-masalah potensial.
  • Langkah dalam merespon hasil baik positif maupun negative. 
Materi Sistem Informasi Farmasi kali ini adalah salah satu materi yang saya dan kelompok saya dapatkan dan untuk melakukan observasi sebagai tugas dari matakuliah Sistem Informasi Manajemen. Kali ini saya melakukan observasi terhadap sebuah Apotek di Daerah Karawang yang cukup terkenal yaitu Apotek K24.
Berikut ini adalah hasil dari observasi :

Proses Bisnis :

Proses bisnis dimulai dengan penerimaan barang baik itu obat maupun alat kesehatan. Obat dan alat kesehatan tersebut kemudian di data nama dan jumlahnya dalam kartu stok. Pemesanan barang (obat maupun alat kesehatan) dengan mencantumkan nama obat/alat kesehatan dan jumlahnya pada staf marketing/sales dari supplier yang datang ke apotek. Pemesanan obat disesuaikan dengan kebutuhan atau stok apa saja yang sudah habis. Pemesanan barang bisa melalui telpon tapi tetap harus menyertakan surat pesanan. 
Barang yang sudah datang kemudian diberi label harga dan diletakan pada lemari/rak yang disesuaikan dengan jenis obat agar mempermudah untuk pencarian dan pengambilan obat. Untuk sistem pengeluarannya menggunakan FIFO dimana yang kadaluarsa terdekat baru dikeluarkan. 
Khusus obat keras diletakan pada lemari/rak yang terletak dibelakang. Obat yang tergolong Narkotika Psikotropika diletakkan pada lemari yang pintunya berlapis. Khusus untuk obat suppositoria diletakkan pada lemari es agar keadaan obat tetap padat. 
Penjualan berupa obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras yang harus disertai dengan resep Dokter maupun alat kesehatan. Pengemasan dan pemberian aturan pakai obat pada obat yang dibeli dengan resep juga harus diutamakan karena untuk menghindari pemakaian obat yang tidak tepat oleh pasien. Pemberian konsultasi tidak hanya pada pasien yang membeli obat dengan resep saja namun juga pasien yang membeli obat tanpa resep (obat bebas dan obat bebas terbatas) dan alat kesehatan, karena pelayanan konsultasi menjadi hal yang sangat diutamakan di Apotek K-24.

 

1 komentar:

  1. MGM, Atlantic City: Hotel, Casino, Racetrack & Spa
    Book MGM Resorts International's Holiday 2021 event 서산 출장마사지 calendar and venue information at JT Marriott® 평택 출장샵 Las Vegas.Sun, Dec 익산 출장샵 12GAMM 김포 출장안마 Sun, Dec 12Brentford Sun, Dec 12GAMM 광주 출장마사지 Tour | Dec 12GAMM Tour

    BalasHapus