Sabtu, 10 September 2016

APLIKASI PENGELOLAHAN KEUANGAN

kembali lagi dengan saya, postingan kali ini saya akan  mencoba membahas aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat mengelola keungan. kenapa aplikasi keungan yang saya bahas, karena hal pertama aplikasi ini merupakan tugas yang harus di cari dalam aplikasi tersebut, hal kedua setelah tau aplikasi ini begitu banyak fungsi aplikasi ini dan sangat membantu dan pengolahan keuangan. Berikut ini adalah beberapa kumpulan aplikasi pengelola keungan :

1. GNU Cash

GNU Cash adalah aplikasi yang bebas dan terbuka (free and open source). Pengguna tidak semata dapat menggunakan aplikasi ini secara bebas, tetapi juga dapat memodifikasi. Tentu saja modifikasi membutuhkan kemampuan pemrograman yang memadai. GNU Cas terdapat dalam beberapa platform sistem operasi, seperti Mac OS, Linux, BSD dan Micosoft Windows. GNU Cash juga sudah memiliki versi yang dapat dijalankan pada seluler berbasis Android.
GNU cash relatif mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan proses pencatatan dan pengelolaan rekening bank, saham, pendapatan dan beban biaya. Prinsip-prinsip tata kelola keuangan atau akuntansi telah diterapkan pada aplikasi ini. Pembuatan neraca keseimbangan pada pengelolaan keuangan dan laporan keuangan sudah dapat dilakukan menggunakan program satu ini.

2. Turbo Cash




TurboCash adalah aplikasi akuntansi gratis yang dikembangkan oleh sebuah tim proyek yang dipimpin Philip Copeman, seorang pria berkebangsaan Afrika Selatan. Secara berkelanjutan, software ini terus dikembangkan sejak April 1985, yang kemudian pada Juli 2003 dirilis di bawah GNU General Public License.

3. Fiskal (Krishand General Ledger)


Aplikasi ini adalah buatan Indonesia. Dibuat oleh Krishand software. Salah satu keuntungan aplikasi ini adalah penyajiannya yang sudah menggunakan bahasa Indonesia. Sayangnya, aplikasi ini hanya berjalan di Windows. Aplikasi ini tidak dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Linux atau Mac OS. Aplikasi ini sudah menyediakan jenis-jenis kebutuhan akuntansi, seperti pembukuan dalam buku besar dan neraca saldo. Selain itu, turut dimungkinkan pula impor data dari spreadsheet. Beberapa fitur penyesuaian pembukuan membuat aplikasi ini mudah digunakan.

4. Homebank

Software sangat mudah untuk muda dalam pemakaiannya. Mampu menganalisi keuangan anda secara detail dan menggunakan alat-alat penyaringan yang kuat serta dengan tampilan grafik yang menarik. Pengembangan software ini sudah dilakukan sejak 1995 oleh Amiga, sehingga mempunyai pengalaman lebih dari 14 tahun dalam memberikan manfaat dan umpan balik kepada pengguna.
Tersaji dalam 50 bahasa dan bisa dipakai dalam sistem operasi GNU / Linux, Microsoft Windows, FreeBSD, maupun MacOSX.

5. Grisbi

Grisbi merupakan software akuntansi personal yang dapat dijalankan pada sistem operasi GNU / Linux maupun Windows. Software ini dirilis di bawah lisensi GPL Setup. Software ini memanjakan penggunanya dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, namun kuat untuk pemakaian dalam beberapa waktu.
Beberapa account, mata uang, dan user mampu dikelola dengan Grisbi. Aplikasi juga dapat mengatur pengeluaran, pihak ketiga, dan kategori penerimaan, serta garis anggaran, keuangan tahunan, maupun informasi lain yang membuatnya dapat disesuaikan untuk asosiasi (kecuali untuk penghitungan yang memerlukan akuntansi double entry).

1 komentar:

  1. Acumatica Indonesia juga dapat digunakan untuk pengelolaan keuangan bahkan dapat memberikan lebih dari hanya sekedar pengelola keuangan lainnya

    BalasHapus