Sabtu, 01 Oktober 2016

PROSES BISNIS

kembali lagi dengan saya, kali ini saya selaku penulis, akan membahas proses bisnis, sebelum itu mari kita cari tahu apa itu proses bisnis? 

proses bisnis merupakan kumpulan dari proses dan berisi kumpulan aktifitas yang saling berelasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis dari organisasi. suatu proses bisnis yang baik harus memiliki tujuan-tujuan seperti mengefektifkan, mengefisiensikan dan membuat mudah untuk beradaptasi pada proses-proses didalamnya. Artinya proses bisnis tersebut merupakan proses bisnis yang berorientasikan pada jumlah dan kualita produk output, minimal dalam menggunakan sumber daya dan dapat berdaptasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pasar.

Menurut Davenport (1993) mendefinisikan proses bisnis itu sebagai,“aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.”

Definisi dari Hammer dan Champy’s (1993) bisa dianggap merupakan turunan dari definisi Davenport. Mereka mendefinisikan proses sebagai, “kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan”

Karakteristik proses bisnis
  1. Definitif: Dalam sebuah proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
  2. Urutan: Dalam proses bisnis harus terdiri dari sebuah aktivitas yang memiliki tahapan yang sesuai dengan waktu dan ruang.
  3. Pelanggan: Dalam sebuah proses bisnis harus memiliki suatu penerimaan hasil proses
  4. Nilai tambah: Transmormasi yang terjadi dalam proses bisnis memberikan nilai lebih pada menerima.
  5. Keterkaitan: Suatu kegitan atau proses tidak dapat berdiri sendiri, namun harus terkait dalam struktur suatu organisasi.
  6. Fungsi silang: Suatu proses pada umumnya, walaupun tidak harus, memiliki atau mencakup beberapa fungsi.
Tipe proses bisnis
  1. Proses manajemen merupakan sebuah proses yang mengendalikan oprasional sebuah sistem. Misalnya Manajemen Strategi.
  2. Proses operasional merupakan sebuah proses yang mempunyai bisnis inti dan meliputi aliran nilai utama. Misalnya proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
  3. Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Misalnya rekrutmen, akunting, pusat bantuan dll.
Gambaran proses bisnis Proses bisnis terbagi menjadi beberapa proses yaitu :
  1. Proses bisnis inti / utama
    yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan pengguna produk atau jasa.
  2. Proses bisnis pendukung
    yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan internal (karyawan perusahaan).
  3. Proses bisnis manajemen
    yaitu proses dimana perusahaan menyusun rencana, mengorganisasikan dan mengendalikan sumber daya yang ada.
  4. Proses Network Bisnis
    yaitu proses yang diselenggrakan utnuk pemasok, pemberi pinjaman, investor, pemerintah ataupun masyarakat umum.
Karakteristik proses bisnis yang baik adalah :
  1. Adanya proses owner, yaitu orang yang ditunjuk langsung oleh manajemen untuk bertanggung jawab terhadap performansi proses agar efektif dan efisien.
  2. Batasan – batasan yang jelas akan proses bisnis yang ada.
  3. Kejelasan hubungan internal dan pertanggung jawabannya.
  4. Prosedur, tugas kerja, kebutuhan training terdokumentasi dengan baik
  5. memiliki ukuran-ukuran dan system feedback pada setiap aktivitas.
  6. memiliki ukuran-ukuran dan target yang berhubungan dengan kepuasan user.
  7. Waktu siklus dari setiap aktivitas diketahui dengan jelas.
  8. Mempunyai perumusan atau perubahan prosedur.
  9. Mengetahui tentang bagaimana langkah – langkah selanjutnya agar menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar