Senin, 03 Oktober 2016

WORKFLOW

kembali lagi dengan postingan syaa, kali ini saya akan membahas tentang workflow, dimana workflow juga dapat digunakan dalam proses bisnis sistem informasi manajemen. berikut ini penjelasan singkat mengenai workflow :

Workflow atau Aplikasi Workflow adalah sebuah software yang digunakan untuk menjalankan suatu proses bisnis secara elektronik, dimana didalamnya terdapat proses/fungsi menjalankan tugas-tugas ke bagian-bagian terkait untuk dikerjakan. Secara garis besar dalam workflow terdapat:
  1. Tugas atau tugas-tugas
  2. Fungsi menjalankan atau mendistribusikan tugas atau tugas-tugas
  3. Ke bagian-bagian terkait untuk dikerjakan/diselesaikan
  4. Mengikuti alur kerja atau bisnis proses yang sudah ditentukan sebelumnya.
Karakteristik Workflow 
Dalam tingkatan yang paling tinggi, Workflow Management System dapat dikarakteristikan pada tiga area fungsi yaitu 
  • Build Time Functions
    Terpusat pada mendefinisikan, dan kemungkinan untuk memodelkan proses Workflow dengan komponen aktivitasnya.
  • Run Time Control Functions.
    Terpusat pada pengaturan proses Workflow di suatu lingkungan operasional dan mengurutkan bermacam aktivitas yang harus ditangani sebagai bagian dari setiap prosesnya.
  • Run Time Interactions.
    Interaksi dengan pengguna dan perangkat aplikasi Teknologi Informasi untuk memproses bermacam tahapan aktivitas.
Workflow dan Proses Bisnis 
Misi utama workflow adalah untuk menangani proses bisnis yang mencakup beberapa area dalam perusahaan. Suatu aplikasi workflow dapat menangani proses bisnis yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet. Apabila aplikasi workflow memiliki fasilitas internet atau intranet di dalamnya, maka dari sudut pandang pengguna, internet akan menjadi satu cara untuk memulai sebuah transaksi dan menjadi pemicu proses layanan tersebut. 
Perangkat workflow akan mengarahkan proses bisnis sampai tahap akhir dengan cara menetapkan sejumlah aktivitas untuk dilakukan oleh setiap actor pengguna (workflow participant), sesuai dengan waktu dan sesuai dengan prosedur yang harus dilalui oleh setiap proses. 
Dengan menggunakan workflow, baik aplikasi internet atapun intranet dapat menjangkau cakupan bisnis proses perusahaan dengan baik. Inilah sebabnya mengapa workflow dan internet lebih efektif dalam sebuah kombinasi dibandingkan penerapannya secara terpisah. Dan oleh karena alasan tersebut dibangunlah sebuah prototipe perangkat lunak sistem manajemen klaim asuransi yang berbasis web.

0 komentar:

Posting Komentar