Kamis, 08 September 2016

INFORMATIKA


Dalam postingan kali ini saya selaku penulis akan mebahas tentang mengenai informatika. Tentu semua sudah tidak asing lagi dengan kata, kalimat, tulisan informatika, tapi tau kah anda bahwa apa itu informatika? Informatika merupakan cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencangkup terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spsesifik mengelola data menjadi informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer.

 
Istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis Informatique, dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya kata ini indentik dengan istilah computer sains di Amerika Serikat dan computer science di Inggris.
Menurut Philippe Dreyfus (1962) dan I’Academia Francaise (1967) yang mendefinisikan informatika tersebut sebagai berikut :

Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi/ pengolahan dari “Fakta Simbolik” (data/informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer.

Dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian informatika di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi . Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin , namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer. Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.
Untuk mempelajari tentang ilmu teknik informatika kita bisa mengikuti program S1 jurusan Teknik Informatika yang terdapat di Universitas atau Sekolah Tinggi Manajemen Informatika. Selain itu kita juga bisa mengikuti kursus ditempat-tempat pelatihan atau bisa juga belajar secara otodidak melalui buku dan internet. 
Dasar ilmu dalam materi Teknik informatika adalah algoritma yang dikembangkan dalam beberapa materi kuliah agar siswa dapat memahami dan menguasai ilmu rekayasa informatika sehingga mampu menganalis, menilai, menerapkan, dan menciptakan sebuah program (software) dalam pengolahan ilmu komputer demi kemajuan dibidang teknik informatika untuk kemudahan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Selain itu lulusan teknik informati sebuah universitas atau perguruan tinggi diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja, memiliki jiwa wirausahawan sehingga dapat menciptakan sebuah laangan pekerjaan yang baru dan memiliki wawasan dibidang teknologi informasi yang mumpuni. 

Secara garis besar materi-materi yang diajarkan dalam ilmu teknik informatika :
  1. Sistem informasi
    Merupakan salah satu ilmu teknik informatika yang memelajari dan memberikan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak (software)
  2. Pemrograman dan komputasi
    Adalah materi teknik informatika yang mempelajari dan memberikan pengetahuan serta kemampuan dalam menganalisis suatu permasalahan dalam sebuah ruang lingkup komputasi, sistem distribusi, dan teknologi antar jaringan.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    Adalah materi teknik informatika dalam bidang Menganalisis dan Mendesain sebuah objek, penyempurnaan Proses rekayasa perangkat lunak, Inspeksi perangkat lunak, dan Pemrograman berbasis data client server.
  4. Arsitektur dan Teknik Jaringan Komputer
    Adalah materi teknik informatika yang memperlajari arsitektur komputer, Organisasi komputer, Sistem Microprosesor, Sistem digital, dan Jaringan komputer. 
 Profesi untuk lulusan Teknik Informatika : 
  1. Junior staff networking dan senior staff networking/ jaringan
  2. Analysis Data
  3. Programmer
  4. Database administrator
  5. Web Designer
Dan masih banyak lagi profesi-profesi yang biasa menjadi tujuan dari para jebolan jurusan teknik informatika.

0 komentar:

Posting Komentar