Strategi
CRM adalah strategi pertumbuhan. Ini adalah pilihan strategi di tingkat
korporasi. Karena CRM merupakan strategi besar perusahaan, maka semua
strategi di level bawah seperti strategi tingkat divisi, departemen atau
strategi fungsional, haruslah konsisten dan mengikuti arah strategi.
Observasi saya terhadap banyak perusahaan di Indonesia, ternyata strategi
CRM menyimpan banyak paradoks dalam implementasinya. Untuk mengimplementasikan sebuah
srategi CRM, diperlukan setidaknya 3 faktor kunci, yaitu :
- Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai)
- Proses yang didesain dengan baik
- Teknologi yang memadai
Implementasi CRM setidaknya harus
memiliki otomatisisasi pemasaran.
Pemasaran dapat dilakukan secara
otomatisasi tanpa perlu bertransaksi langsung antara customer dengan produsen.
Atau cara pembayaran yang tidak perlu langsung membawa uang cash.
Pusat pelayanan (Call Center),
Fungsinya antara lain untuk
mengetahui kebiasaan konsumen, menerima keluhan dari para pelanggan sehingga
data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan produknya
serta mengumpulkan customer history.
Penggudangan
Data (Data Warehousing),
Informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu system terpadu. Hasil analisa harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan sehingga staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus terhadap grup pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu menaikkan volume penjualan.
Informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu system terpadu. Hasil analisa harus mampu menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan sehingga staf penjualan dan marketing mampu melakukan kampanye terfokus terhadap grup pelanggan tertentu. Nantinya gudang data ini juga harus mampu menaikkan volume penjualan.
0 komentar:
Posting Komentar