CRM
merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan
pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi,
pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan
pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan
dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga
memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.
Hal
yang perlu dipahami adalah bahwa dari luar, pelanggan yang berinterkasi
dengan perusahaan hanya memahami bisnis yang dilakukan oleh perusahaan
sebagai satu entitas, tidak lebih; meskipun pelanggan juga berinteraksi
dengan sejumlah pekerja yang berbeda peran dan departemennya. Semua itu
tetap dianggap sebagai satu kesatuan. Dengan CRM, dukungan pada proses
bisnis, informasi tentang pelanggan dan interaksinya dapat dimasukkan,
disimpan, diakses oleh semua staf pada berbagai unit kerja dengan tujuan
untuk meningkatkan layanan yang diberikan pada pelanggan, dan
menggunakan informasi kontak pelanggan untuk target pemasaran.
CRM
(customer relationship management) mengkombinasikan kebijakan, proses,
dan strategi yang diterapkan organisasi menjadi satu kesatuan yang
digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk
menelusuri informasi pelanggan. Pada era saat ini, implementasi CRM
selalu akan menggunakan teknologi informasi untuk menarik pelanggan
baru yang mengguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada
perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang sistem
informasi customer relationship managwmwnt (CRM), menganalisis
permasalahan sistem informasi CRM dan memberikan alternatif solusi atau
rekomendasi sistem informasi CRM yang baru pada UD. Iwek-P Adventure. Melalui
CRM, perusahaan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, tidak
hanya berinteraksi secara langsung tapi juga pada saat online, maka CRM
hadir sebagai solusi agar pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan
setiap saat. Selain itu perusahaan dapat mengelola informasi tentang
pelanggan dan menganalisa keinginan pelanggan demi mendapatkan kesetiaan
pelanggan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Alternatif
solusi atau rekomendasi sistem informasi CRM yang diusulkan oleh
peneliti melalui implementasi sistem informasi CRM dengan Zurmo CRM yang
berbasis open source. Hasil dari implementasi sistem informasi CRM
adalah pengelolaan manajemen antara perusahaan dengan hubungan
pelanggan menjadi lebih mudah dalam dilakukan. Menjalin hubungan dengan
pelanggan akan lebih efektif dan efisien karena menggunakan sistem
informasi yang terintegrasi.
0 komentar:
Posting Komentar