Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai
arsitektur Customer Relationship Management,
Sistem CRM ini memiliki hubungan dengan bagian-bagian lain sesuai dengan bagan berikut ini:
CRM – Marketing
Hubungan antar bagian ini dibutuhkan pada saat pengiriman
SMS broadcast ke seluruh pelanggan. Hal ini dikarenakan isi pesan yang dikirimkan
tersebut bergantung pada strategi pemasaran yang diterapkan oleh bagian marketing.
CRM – Sales
Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan
pelanggan. Kasus yang berhubungan dengan sales antara lain apabila pelanggan
menanyakan status order mereka yang belum ditanggapi oleh bagian sales.
CRM – Service
Hubungan ini untuk fasilitas service appointment folder
dimana perlu adanya crosscheck dengan bagian service (bengkel). Hubungan ini juga
dapat digunakan Untuk penindaklanjutan keluhan pelanggan. Kasus yang
berhubungan dengan service Antara lain apabila pelanggan menanyakan kondisi Terakhir
kendaraan mereka yang Sedang diperbaiki.
CRM – Quality Control
Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan
pelanggan. Kasus yang berhubungan dengan quality control antara lain apabila
pelanggan mengeluhkan kerusakan dan kecacatan komponen kendaraan mereka, yang
bukan disebabkan oleh penggunaan tetapi hasil dari produksi pabrik.
CRM – Shipment
Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan
pelanggan. Kasus yang berhubungan dengan shipment antara lain apabila pelanggan
menanyakan status pengiriman order mereka yang belum sampai.
CRM – Branch Management
Hubungan ini terutama untuk kegiatan sinkronisasi data
antara pusat dan cabang. Cabang akan memberikan trigger untuk melakukan
sinkronisasi. Hubungan ini juga dapat digunakan untuk information retrieval mengenai
data-data yang ada di kantor cabang.
0 komentar:
Posting Komentar